Apakah Diabetes Mellitus Itu?

Apakah diabetes mellitus ?

Diabetes mellitus (DM) adalah suatu kumpulan gejala yang timbul pada seseorang yang disebabkan oleh karena adanya peningkatan kadar gula  (glukosa) darah akibat kekurangan insulin  baik absolut maupun relatif. Di Indonesia, jumlah penderita DM tahun 2000 diperkirakan 4 juta jiwa dan menjadi 5 juta pada tahun 2010.

Apa penyebab diabetes mellitus ?

DM ada 2 tipe, yaitu Diabetes mellitus tipe 1 yang tergantung insulin dan DM tipe 2 yang tidak tergantung insulin. DM tipe 1 bisa terjadi pada seluruh tingkatan umur, namun umumnya terjadi sebelum usia 30 tahun. Pada DM tipe 1 pankreas tidak mampu memproduksi insulin atau produksi insulinnya sedikit. Padahal insulin dibutuhkan tubuh agar glukosa bisa masuk kedalan sel tubuh dan diubah menjadi energi. Penyebab DM tipe 1 belum diketahui secara pasti, namun faktor keturunan, serangan virus pada pankreas dan perusakan sel pembuat insulin sebagai pemicunya.

DM tipe 2 jumlah insulin normal, tetapi jumlah reseptor pada permukaan sel berkurang sehingga insulin tidak bisa dimanfaatkan oleh sel.

Dari angka prevalensi, letak geografis katulistiwa (Indonesia) lebih banyak angka kejadian DM tipe 2 dibanding DM tipe 1.

Apa gejala penderita diabetes mellitus ?

Gejala penderita DM adalah rasa haus, rasa lapar, kencing secara berlebihan, penurunan berat badan secara cepat, mual, muntah, sakit perut, keletihan, dan pada perempuan seringkali disertai absennya menstruasi.

Apa saja komplikasi dari diabetes mellitus ?

Penderita DM kronis biasanya diikuti beberapa komplikasi, diantaranya : stroke, kebutaan, jantung koroner, gangguan ginjal, kulit mengelupas, impotensi, infeksi pada kandung kemih, tangan atau kaki seperti ditusuk-tusuk dan luka yang sukar sembuh.

Apakah diabetes mellitus dapat dicegah ?

DM dapat dicegah dengan cara memperbaiki cara hidup (life style) seperti kegemukan, kurang gerak badan dan  pola makan tidak sehat.

Apakah diabetes mellitus dapat disembuhkan dengan obat herbal ?

Dari pengalaman empirik di China dan Jepang obat-obatan alami (herbal) terbukti dapat membantu penyembuhan DM yang ditandai menurunnnya kadar gula (glukosa) dalam darah. Tanaman yang terdapat dalam TASHIHA sejak dulu baik secara empirik maupun secara ilmiah efektif digunakan dalam terapi DM. Saat ini tanaman yang terdapat didalam TASHIHA menjadi rujukan para herbalist di berbagai negara maju untuk terapi DM.

Bagaimana sebaiknya terapi yang baik bagi diabetes mellitus ?

Untuk pengelolaan DM, pengobatan dilakukan harus sampai sembuh (kadar gula stabil normal), setelah itu dilanjutkan dengan dosis perawatan disertai disiplin konsumsi makan.

Bagaimana konsumsi  TASHIHA yang baik bagi penderita diabetes mellitus ?

TASHIHA sebaiknya  dikonsumsi ½ jam sebelum makan pagi; ½ jam sebelum makan siang dan ½ jam sebelum makan malam.

Hasil optimal akan diperoleh apabila penderita disiplin mengikuti saran menu : PANDUAN KONSUMSI HARIAN BERSAMA TASHIHA

Jangan lupa Klik LIKE (SUKA) FB di bawah ini, atau kirim ke teman...

0 Comments

Silahkan Berkonsultasi